BLACK OCEAN, KONSEP STRATEGI PEMASARAN DI ERA BIG DATA SAAT INI
Selasa, 24 September 2024 - 09:09:50 WIBDibaca: 840 kali
Dari Webinar Nasional "Design Thinking for New Product Development " Universitas Negeri Jember (Bag.2)
Dalam ilmu Manajemen dan Strategi Pemasaran telah dikenal istilah Red Ocean dan Blue Ocean. Istilah tersebut banyak digunakan untuk memaparkan beberapa jenis konsep strategi pemasaran yang membantu menggambarkan berbagai kondisi dalam lingkungan bisnis. Red Ocean menggambarkan persaingan sengit dan jenuh dalam industri atau pasar yang sudah lama ada. Dalam “laut merah,” banyak pesaing berjuang untuk mendapatkan bagian dari pasar yang sudah ada, sering kali dengan mengandalkan strategi konvensional seperti menurunkan harga atau meningkatkan kualitas produk. Hal ini dapat mengarah pada kompetisi biaya tinggi dan margin keuntungan yang rendah.
Blue Ocean mengedepankan pasar baru yang belum terbentuk (new market). Strategi ini memandang bahwa banyak potensi yang belum digali dari pasar yang akan dibentuk ke depannya. Berbeda dengan Red Ocean yang memanfaatkan demand yang sudah ada, Blue Ocean cenderung membuat demand baru untuk menciptakan pasar yang baru.
Hal di atas dikemukakan oleh Dr. Dwi Purnomo, MT, IPU, ASEAN Eng dosen TIP Universitas Padjadjaran Bandung dan Founder-CEO “Design Thinking Academy” pada Webinar Nasional yang diselenggarakan oleh Prodi Magister Teknologi Agroindustri Universitas Negeri Jember dengan tajuk "Design Thinking for New Product Development " hari Jumat, 20 September 2024 melalui Zoom Meeting.
Dr. Dwi Purnomo selanjutnya menyampaikan bahwa istilah Black Ocean merupakan strategi pemasaran menggunakan pergeseran menuju digitalisasi data dan pentingnya kolaborasi dalam ekosistem bisnis. Era ekosistem bisnis sekarang ini dicirikan oleh perubahan paradigma ekonomi yang mendalam, dengan digitalisasi yang memungkinkan akses lebih cepat ke informasi. Perusahaan harus bekerja sama dengan mitra dan pemangku kepentingan lainnya untuk bertahan dan tumbuh dalam lingkungan bisnis yang berubah dengan cepat. Dengan pemahaman tentang konsep ini, perusahaan dapat menyesuaikan strategi mereka untuk mengatasi tantangan dan mengejar peluang dalam era yang terus berubah ini.
Dalam strategi Black Ocean dikenal istilah Radical Collaboration (RC). RC atau kolaborasi radikal adalah cara formal untuk menyatukan tim secara lintas fungsi untuk berbagi pengetahuan dan menghasilkan pengalaman pengguna. Contoh RC ini dapat dilihat kerjasama antara PT Sido Muncul dengan produknya Tolak Angin berkolaborasi dengan Cafe Kopi Kangen dan Kopi Kenangan memperkenalkan produk kopi dicampur Tolak Angin kepada kaum milenial dan Gen Z (RW-AI-2024).