RISTIN YULIASANTI PERINGKAT-3 LULUSAN TERBAIK FAKULTAS VOKASI TAHUN 2024

Kamis, 25 Juli 2024 - 10:13:42 WIB
Dibaca: 469 kali

Dari Yudisium Kelulusan Tahun 2024 Mahasiswa Agroindustri (Bag.3)

Sebelum wisuda dilaksanakan oleh Untag Surabaya setiap fakultas diharapkan melaksanakan yudisium entah melibatkan mahasiswa lulusan atau tidak. Fakultas Vokasi Untag Surabaya tahun 2024 telah melaksanakan Rapat Senat dalam rangka Yudisium Kelulusan Mahasiswa tahun akademik 2023/2024. Sebanyak 36 mahasiswa dinyatakan lulus dan berhak mengikuti Wisuda pada awal September 2024 dan menyandang gelar ahli madya teknik (AMd.T).  

Tiga besar lulusan terbaik Fakultas Vokasi tahun 2024 ini ternyata disabet habis oleh lulusan perempuan. Vera Amanda Putri dari prodi Agroindustri dinyatakan sebagai lulusan terbaik Fakultas Vokasi Untag Surabaya dengan IP Kumulatif tertinggi yaitu 3,95, peringkat 2 ditempati oleh Siti Lutfiana dari prodi Teknologi Listrik dengan IP Kumulatif 3,92 sedangkan peringkat 3 diraih oleh Ristin Yuliasanti, lagi-lagi dari prodi Agroindustri dengan IP Kumulatif 3,91.

Ristin, panggilan akrab Ristin Yuliasanti berasal dari SMAN 1 Gedangan Sidoarjo adalah salah satu pemenang beasiswa internal Fakultas Vokasi tahun 2021.  Ristin menyelesaikan tugas proyek akhirnya dengan judul Pengaruh Substitusi Ikan Lele Dumbo dan Labu Kuning terhadap Kualitas Nugget.   

Nugget yang diformulasikan oleh Ristin diyakini berpotensi menjadi produk makanan yang sehat karena bernutrisi tinggi, rendah lemak, bebas kolesterol dan kaya serat. Ristin mencoba mengganti daging ayam sebagai bahan baku utama nugget dengan ikan lele, khususnya jenis lele dumbo yang ukuran fisiknya lebih besar. Pengolahan ikan merupakan salah satu cara untuk diversifikasi pangan bagi masyarakat Indonesia sekaligus peningkatan nilai gizi dengan protein dan lemak dari laut. Sedangkan labu kuning yang ditambahkan dimaksudkan sebagai tambahan nilai gizi nabati termasuk di dalamnya serat pangan (RW-AI-2024).