VERA AMANDA PUTRI LULUSAN TERBAIK FAKULTAS VOKASI TAHUN 2024

Senin, 22 Juli 2024 - 08:56:38 WIB
Dibaca: 298 kali

Dari Yudisium Kelulusan Tahun 2024 Mahasiswa Agroindustri (Bag.2)

Fakultas Vokasi Untag Surabaya tahun 2024 telah melaksanakan Rapat Senat dalam rangka Yudisium Kelulusan Mahasiswa tahun akademik 2023/2024. Sebanyak 36 mahasiswa dinyatakan lulus dan berhak mengikuti Wisuda pada awal September 2024 dan menyandang gelar ahli madya teknik (AMd.T). Dipastikan bahwa yang menjadi lulusan terbaik adalah mahasiswa dari Prodi Agroindustri yaitu Vera Amanda Putri, dari angkatan 2021.

Vera, panggilan akrab Vera Amanda Putri tercatat sebagai mahasiswi Prodi Agroindustri yang berasal dari luar kota Surabaya, tepatnya dari kota Kudus Jawa Tengah atau yang dikenal sebagai Kota Kretek. Vera merupakan salah satu mahasiswa Prodi Agroindustri yang memperoleh beasiswa OSC (Online Scholarship Competition) dari Medcom. Ketika melakukan OJT (On The Job Training) atau Magang Kerja, Vera  memilih kembali ke kotanya, yaitu ke sebuah industri pangan PT. Mubarokfood Cipta Delicia Kudus yang produk utamanya adalah dodol atau jenang khas kota Kudus.

Pada tugas akhir Vera mengambil topik pengembangan produk baru di bidang pangan yaitu membuat permen jelly dengan bahan baku herbal atau tanaman. Vera membuat produk permen jelly berbahan baku sari buah mengkudu atau sering juga disebut buah noni. Vera memproses produknya dengan menambahkan jahe merah untuk menghilangkan bau langu mengkudu, sehingga secara sensorik lebih diterima oleh konsumen. Di samping itu Vera juga memastikan bahwa produk yang dihasilkannya nanti memenuhi standar mutu yang dipersyaratkan oleh SNI khususnya yang menyangkut kandungan air dan mineral pada permen jelly.

Vera berasal dari SMP dan SMA di kota kelahirannya, lulus SMP dari SMP Negeri 1 BAE Kudus, sedangkan SMA ditempuh dan lulus dari SMA Negeri 1 BAE Kudus. Ketika ditanyakan tentang kesannya ketika menempuh perkuliahan di Prodi Agroindustri Fakultas Vokasi Untag Surabaya, Vera memaparkan bahwa dia sangat puas dengan sistem pembelajaran di Fakultas Vokasi yang tidak hanya belajar di kelas namun juga praktikum baik di laboratorium maupun di lapangan, sehingga memperoleh ilmu dan ketrampilan dari berbagai sumber pembelajaran (RW-AI-2024).