MEMBANGUN SINERGI MELALUI OPEN TALK MAHASISWA DAN DOSEN

Rabu, 10 Juli 2024 - 07:11:15 WIB
Dibaca: 341 kali

Agroindustri Melaksanakan Open Talk Semester Genap 2023/2024

Kampus adalah lingkungan yang kaya akan potensi dan gagasan baru. Di dalamnya, terdapat dua komponen penting yang saling terkait dan berinteraksi secara masif yaitu mahasiswa dan dosen. Membangun komunikasi yang efektif antara keduanya melalui open talk menjadi hal yang sangat penting untuk mendorong pertumbuhan intelektual dan kreativitas, sekaligus membentuk atmosfer akademik yang kuat.

 

Pada hari Jumat, 5 Juli 2024 yang lalu Prodi Agroindustri mengadakan Open Talk yang diikuti oleh dosen dan mahasiswa Agroindustri bertempat di ruang kuliah Gedung Q lantai 9 Kampus Untag Surabaya. Diharapkan dengan Open Talk ini ada banyak masukan bagi Prodi untuk melangkah lebih baik di masa yang akan datang.

 

Kegiatan Open Talk Mahasiswa-Dosen telah dilakukan sejak berdirinya Prodi, hal ini agar tidak terjadi kesenjangan antara mahasiswa dan dosen dan membuka sinergi yang lebih baik untuk masa mendatang. Adapun manfaat lain Open Talk yang dilaksanakan secara rutin antara lain adalah:

 

1. Berbagi Perspektif: Open talk memungkinkan mahasiswa dan dosen untuk saling berbagi pandangan, pengalaman, dan pengetahuan mereka. Hal ini dapat memperluas wawasan dan mendorong proses belajar yang lebih mendalam.

 

2. Penyampaian Umpan Balik dari Mahasiswa: Mahasiswa dapat memberikan umpan balik langsung kepada dosen mengenai metode pengajaran, materi kuliah, atau bahkan masalah yang dihadapi selama proses pembelajaran. Sebaliknya, dosen juga dapat memberikan umpan balik yang membangun kepada mahasiswa terkait kinerja dan perkembangan akademik mereka.

 

3. Pengembangan Ide dan Kolaborasi: Diskusi terbuka antara mahasiswa dan dosen dapat memicu lahirnya ide-ide baru, baik dalam konteks akademik maupun penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Hal ini dapat mendorong terbentuknya proyek-proyek kolaboratif yang saling menguntungkan.

 

4. Membangun Hubungan yang Lebih Dekat: Komunikasi yang intens melalui open talk dapat membantu membangun hubungan yang lebih dekat dan saling percaya antara mahasiswa dan dosen. Hal ini dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih kondusif dan suportif.

 

Dengan menerapkan open talk yang efektif, mahasiswa dan dosen dapat bersinergi untuk menciptakan lingkungan akademik yang lebih dinamis, inovatif, dan saling menguntungkan. Hal ini dapat menjadi kunci untuk mewujudkan proses pembelajaran yang lebih bermakna dan berkualitas. (RW-AI-2024).