LIMA JUDUL PROPOSAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN DOSEN-DOSEN AGROINDUSTRI MEMENANGKAN HIBAH PERGURUAN TINGGI (HPT) UNTAG SURABAYA TAHUN 2024

Kamis, 25 April 2024 - 14:24:41 WIB
Dibaca: 519 kali

Sebanyak lima judul proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dosen Agroindustri Fakultas Vokasi Untag Surabaya berhasil lolos seleksi Hibah Perguruan Tinggi (HPT) Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya tahun 2024. Dari lima judul proposal tersebut sebanyak tiga buah adalah proposal penelitian dan dua buah berupa proposal pengabdian.

Penerima hibah penelitian antara lain adalah Ibu Ir. Rini Rahayu Sihmawati, MP, MM yang bersama-sama dengan Ibu Dr. Ir. Wardah, MP, MM memenangkan Hibah Kolaborasi Penelitian Nasional bersama Universitas Negeri Surabaya (Unesa) dengan dana hibah sebesar 25 juta rupiah per-tahun selama 2 tahun. Judul penelitian yang diajukan adalah: “Substitusi Serbuk Jamur Shiitake (Lentinula edodes) pada Cookies untuk meningkatkan Asam Folat dan Vitamin pada Makanan Ibu Hamil”.

Hibah penelitian lainnya yaitu dua buah penelitian reguler dimenangkan oleh Bu Wahyu Kanti Dwi Cahyani, STP, M.Si dengan judul “Enkapsulasi Fermentasi Buah Mengkudu” berhasil meraih dana hibah sebesar 11,1 juta rupiah dan Bu Anita Wulandari, STP, MP dengan judul: “Analisa Proksimat pada Waffle dengan Substitusi Tepung Kulit Buah Naga (Hylocereus polyrhizuz) sebagai Bahan Pangan” meraih dana hibah sebesar 12,5 juta rupiah.

Sedangkan hibah pengabdian kepada masyarakat berupa Program Kemitraan Masyarakat diraih oleh Ibu Dr. Ir. Wardah, MP, MM dan Ir. Amelia Nirmalawaty, MP dengan hibah masing-masing sebesar 11,5 juta rupiah. Proposal pengabdian kepada masyarakat yang diajukan oleh Bu Wardah adalah: “PKM Peningkatan Lama Simpan dan Pengembangan Produk Olahan Tanaman Kecombrang pada UMKM Duta Karta Kirana di Jatikerto Kecamatan Kromengan Kabupaten Malang”, sedangkan judul proposal Bu Amel adalah: “Penerapan Pertanian Organik dan Penanganan Pasca Panen Toga di Asman Toga dan Akupresur Clitoria tematea Desa Wage Kabupaten Sidoarjo”.

 

 

Richardus Widodo

Agroindustri Untag Surabaya