ANTISIPASI TREN PANGAN 2024

Senin, 26 Februari 2024 - 14:36:35 WIB
Dibaca: 2139 kali

 

Sejak dekade terakhir industri pangan telah berupaya melakukan adaptasi terhadap kecenderungan konsumen untuk “back to nature” atau kembali ke alam.

Dalam artian bahwa konsumen menyadari bahwa makanan yang dikonsumsinya berpengaruh signifikan terhadap kesehatan mereka sehingga mereka berupaya menghindari makanan yang tidak sehat dan berbau sintetik atau buatan. Maka dihindari sedapat mungkin aditif sintetik, makanan hasil rekayasa genetika dan makanan yang tidak seimbang seperti makanan siap saji yang mengandung lemak tinggi, gula tinggi dan perisa sintetik berlebihan.

Lebih jauh lagi tren ke depan manusia tidak hanya ingin agar makanan yang dikonsumsinya itu sehat karena berasal dari alam tetapi juga memiliki sifat sustainable alias berkelanjutan. Proses budidaya sampai pengolahannya harus selaras alam dan tidak merusak lingkungan, misalnya dalam prosesnya tidak membutuhkan energi tinggi, tidak melalui proses yang berlebihan, tidak mencemari lingkungan dan sebagainya. Hal ini harus diantisipasi oleh para industriawan yang bergerak dalam bisnis makanan dan minuman.

Whole Foods Market (dalam CNN Indonesia, Desember 2023) secara lebih terperinci merilis makanan yang diprediksi akan melejit dan diminati konsumen sepanjang 2024. Ada sebanyak 9 daftar makanan yang diprediksi melejit sepanjang 2024.

1. Plant based food

Makanan yang langsung berasal dari tanaman tanpa diolah berlebihan bahkan yang mentah diprediksi akan melejit sepanjang 2024. Makanan berprotein tinggi yang dibuat dengan bahan sederhana, seperti jamur, tempe, dan berbagai jenis kacang-kacangan diprediksi akan memenuhi etalase produsen dan penjaja makanan sepanjang 2024 nanti. Bisa dibilang, 2024 akan jadi tahunnya para pecinta sayur atau vegan dan vegetarian.

2. Kakao utuh

Ampas kakao akan jadi salah satu tren makanan di 2024. Hal ini juga selaras dengan pemanfaatan makanan daur ulang yang kian populer. Alih-alih dibuang, ampas kakao akan dimanfaatkan untuk berbagai makanan, mulai dari jeli, alternatif gula hingga selai. Sebenarnya tren biomassa sebagai bahan makanan mulai berkembang dalam lima enam tahun terakhir seperti limbah buah afkir, limbah tebu, limbah kelapa sawit dan sebagainya. Nah ditahun 2024 ini diprediksi ampas kakao atau coklat akan menjadi tren.

3. Ikan tiruan yang mewah

Bahan-bahan nabati akan dimanfaatkan menjadi hidangan ala laut mewah seperti kaviar dalam versi murah dan terbuat dari tanaman. Akan muncul berbagai jenis makanan laut mewah yang terbuat dari sayuran atau tanaman buah. Anda akan melihat wortel sebagai ikan asap, jamur terompet sebagai kerang, hingga konjak sayuran yang akan muncul dalam gulungan sushi.

4. Soba

Soba termasuk makanan yang diprediksi akan melejit di 2024. Soba merupakan masakan mi tradisional Jepang yang dibuat dengan bahan utama tepung gandum, yang terkenal seperti Tempura dan Sushi. Soba memiliki banyak manfaat. Soba juga termasuk makanan super yang mengandung protein, karbohidrat, dan serat. Tentunya soba juga secara alami bebas gluten. Di 2024 nanti, soba dapat muncul dalam segala hal, mulai dari alternatif susu nabati hingga biskuit dan granola.

5. Makanan pedas yang sangat pedas

Berbagai jenis cabai dan makanan pedas juga akan melejit di 2024. Bahkan paprika pun kini sudah mulai terasa pedas pada varietas-varietas terbaru. Bukan hanya itu, pakar cabai dari Carolina Selatan yang mengawinkan dan menanam California Reaper (sebelumnya merupakan cabai terpedas di dunia) juga telah memecahkan rekornya sendiri. Dia menciptakan varian cabai baru yang disebut-sebut tiga kali lebih pedas dari California Reaper.

6. Ramen

Mie akan tetap jadi makanan yang disukai semua orang, begitu juga di 2024 ini. Berbagai jenis mi atau ramen akan bermunculan demi memuaskan lidah orang-orang yang memang suka makanan sederhana namun lezat ini.

7. Camilan kecil dan sederhana

Camilan kecil atau makanan porsi tunggal yang dikemas menarik dan sederhana, serta bisa dibawa ke mana-mana akan memenuhi 2024 mendatang. Entah itu minuman atau makanan kecil, semuanya akan makin menjamur di tahun depan. Mulai dari minuman sederhana seperti boba, atau cemilan seperti keripik kentang yang mudah dibawa-bawa.

8. Makanan kesehatan wanita

Makanan yang diformulasikan khusus untuk berbagai aspek kesehatan wanita, seperti energy bar untuk wanita menopause juga akan bermunculan di 2024. Kesehatan, terutama untuk wanita memang akan semakin tren di 2024 dan ini juga memengaruhi jenis makanan yang akan muncul.

9. Kafein jenis baru

Pada 2024, diperkirakan akan ada kopi dan minuman energi baru yang disempurnakan dengan bahan-bahan fungsional yang berguna bagi kesehatan manusia seperti jamur, adaptogen, probiotik, dan banyak lagi.

 

Pengembangan Pangan Fungsional Pemicu Peningkatan Antibodi

Era Pandemi Covid-19 yang baru saja berlalu mendorong manusia untuk mengkonsumsi makanan sehat dan semakin meninggalkan makanan “sampah” atau junk food. Diprediksi ke depan makin banyak orang akan menoleh ke pangan fungsional. Makanan mempunyai sifat fungsional bila mengandung senyawa gizi dan nirgizi, yang dapat mempengaruhi fungsi fisiologis tubuh ke arah yang bersifat positif. Berbagai jenis makanan sudah dikembangkan ke arah itu agar memiliki senyawa nirgizi (bioaktif) selain kandungan gizi makro dan mikronya, baik melalui modifikasi maupun perancangan khusus.

Sampai saat ini sudah ada 2 komponen makanan fungsional yang dipelajari secara mendalam, yaitu: fitosterol dan probiotik. Namun tidak menutup kemungkinan ke depan yang diteliti adalah bagaimana membuat bahan makanan yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit atau membangkitkan antibodi yang dapat menghancurkan bibit penyakit yang masuk ke tubuh termasuk virus. Di Indonesia beberapa bahan makanan lokal yang mungkin dapat dikembangkan adalah yang sudah dikenal berkhasiat obat seperti jahe, kunyit, mengkudu, daun kelor, galing-galing dan kulit manggis.

 

REFERENSI

CNN Indonesia. 2023. "9 Makanan yang Diprediksi Melejit di 2024"  https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20231228121045-262-1042589/9-makanan-yang-diprediksi-melejit-di-2024