DOSEN FAKULTAS VOKASI UNTAG SURABAYA IKUTI WORKSHOP IMPLEMENTASI KURIKULUM PENDIDIKAN BERBASIS LUARAN OBE DAN PENYUSUNAN RPS

Kamis, 19 Januari 2023 - 09:15:36 WIB
Dibaca: 561 kali

Mengacu kepada Rencana Strategis Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya 2021-2025 tentang butir penerapan Pendidikan Berbasis Luaran (Outcome Based Learning) dan  menindaklanjuti pemberlakuan “Education 4.0” berdasarkan Perpres no.8 tahun 2012 tentang pendidikan berbasis KKNI yang dikuatkan oleh Permenristekdikti tahun 2015 dan 2016 maka dilaksanakanlah workshop implementasi kurikulum pendidikan berbasis luaran OBE dan penyusunan RPS bagi dosen Fakultas Vokasi Untag Surabaya. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu, 18 Januari 2023 bertempat di Ruang Meeting Utara Q210 Gedung Graha Prof. Dr. Roeslan Abdulgani. Narasumber yang mengisi pada kegiatan ini yaitu Dr. Drs. Ludfi Djajanto, MBA yang merupakan Anggota Tim Kurikulum Pendidikan Tinggi Kemdikbud dan dosen dari Politeknik Negeri Malang. Sebanyak 21 Dosen Fakultas Vokasi (T. Manufaktur, T. Listrik dan Agroindustri) mengikuti kegiatan ini.

Kegiatan Workshop ini dibuka oleh Rektor Untag Surabaya Prof. Dr. Mulyanto Nugroho, M.M., CMA., CPA dan Kepala Badan Pengembangan Akademik. Susunan acara inti dibagi kedalam 2 sesi utama, sesi pertama yaitu Rekonstruksi Kurikulum dengan Pendekatan OBE (Outcome Based Education) untuk mendukung Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada prodi yang ada di lingkungan Fakultas Vokasi. Untuk sesi kedua yaitu Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Kurikulum dengan Pendidikan OBE (Outcome Based Education) pada prodi yang ada di lingkungan Fakultas Vokasi.

Rekonstruksi Kurikulum merupakan tahapan pembaruan pada dokumen kurikulum yang dapat menyesuaikan perkembangan yang ada sehingga dapat meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan, dalam hal ini juga termasuk kedalam akreditasi sehingga diperoleh luaran mahasiswa serta alumni yang berkompeten. Capaian Pembelajaran Lulusan yang dicanangkan akan dapat dicapai dengan OBE (Outcome Based Education) dimana metode ini menggunakan suatu pendekatan didalam sistem pendidikan yang berfokus pada kemampuan mahasiswa. (tl/ga)